Welcome to All Aliens

30.10.10

Dari GOD BLESS sampai MORBID ANGEL!


Embrio kelahiran scene musik rock underground di Indonesia sulit di lepaskan dari evolusi rocker-rocker pionir era 70-an sebagai  pendahulunya.
Sebut saja misalnya God Bless, Gang Pegangsaan, Gypsy(Jakarta), Giant Step, Super Kid (Bandung), Terncem (Solo), AKA/SAS (Surabaya), Bentoel (Malang) hingga Rawe Rontek dari Banten.
Mereka inilah generasi pertama rocker Indonesia.
Istilah undergroundsendiri sebenarnya sudah digunakan Majalah Aktuil sejak awal era 70-an.
Istilah tersebut digunakan majalah musik dan gaya hidup pionir asal Bandung itu untuk mengidentifikasi band-band yang memainkan musik kerasdengan gaya yang lebih 'liar' dan 'ekstrem' untuk ukuran jamannya.Padahal kalau mau jujur,
lagu-lagu yang dimainkan band- band tersebut di atas bukanlah lagu karya mereka sendiri, melainkan milik band-band luar negeri macam Deep Purple, Jefferson Airplane, Black Sabbath,Genesis, Led Zeppelin, Kansas, Rolling Stones hingga ELP.
Tradisi yang kontraproduktif ini kemudian mencatat sejarah namanya sempat mengharum di pentas nasional.
Sebut saja misalnya El Pamas, Grass Rock (Malang),Power Metal (Surabaya), Adi Metal Rock (Solo), Val Halla (Medan) hinggaRoxx (Jakarta).
Selain itu Log jugalah yang membidani lahirnya label rekaman rock yang pertama di Indonesia, Logiss Records.
Produk pertama label ini adalah album ketiga God Bless, "Semut Hitam" yang dirilis tahun 1988 dan ludes hingga 400.000 kaset di seluruh Indonesia.Menjelang akhir era 80-an, di seluruh dunia waktu itu anak-anak muda (termasuk saya ) sedang mengalami demam musik thrash metal. Sebuah perkembangan stylemusik metal yang lebih ekstrem lagi dibandingkan heavy metal. Band-band yang menjadi gods-nya antara lain Slayer, Metallica, Exodus,Megadeth, Kreator, Sodom, Anthrax hingga Sepultura. Kebanyakan kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya,Malang hingga Bali, scene undergroundnya pertama kali lahir dari genre musik ekstrem tersebut. Nah setelah itu lahirlah berbagai macam genre lanjutan yang notabene semakin gahar dan membabibrutal. kepala sukunya kali ini diwakili Napalm Death dan pasukan dari britania raya seperti Carcass ,Cathedral, Godflesh dan dari US diwakili Morbid Angel, Cannibal Corpse Dkk....ada  sedikit anekdot kalo karya2 brutal band2 underground sekarang kita sodorkan ke para pioneer diatas macam God Bless ato El Pamas sembari bilang "Oom ini hasil perbuatan band oom pada generasi kami lho! pasti mereka jawab "pikiran kalian sakit nak!"


Well, berbahagialah orang yang bisa menangkap essensi seni dibalik gepukan drum ala senapan mesin dan genjrengan gitar berkecepatan 80 km per jam... Nah inilah musik kita, jika suka silahkan masuk..jika tidak, tuh pintu keluar terbuka lebar....In Memoriam Brigade Thrash 89

0 comments:

Posting Komentar